WHAT'S NEW?
Loading...

5 Alasan kenapa lo harus pilih Zenius.net (Review)

Assalamualaikum warahmatullah

Hai guys gimana nih kabarnya? Masih oke kan yah? Ya iyalah lo harus tetep oke, jangan sakit, jangan males-malesan dan jangan galau-galauan. :D KENAPA ? karena masa muda lo harus berguna coy jangan Cuma dipake buat HURA-HURA sama SENENG-SENENG doang (buat yang ngerasa ga muda lagi jangan kesinggung yak hehe :D). Jangan sampe lo nyesel sendiri pas dewasa, INGETT !! waktu itu ga bisa balik lagi, jadi lo harus tata masa muda lo sebaik mungkin. Mulai dari menata Studi lo, kesehatan, hubungan sosial, dan hubungan asmara lo ( yang terakhir becanda yak :D )

Sumber : komik


Liat gambar diatas deh , gimana? Udah baca tulisan yg di gambar? sekarang apa yg lo pikirin? Yaah lumayan lah buat cambuk penyemangat kita dan biar ga suka buang-buang waktu. 

Oke gua rasa udah cukup kali yak basi-basinya. Sekarang kita masuk ke topik yang mau kita bahas, apa yg akan kita bahas? Yaa sesuai judul di atas gua bakal kupas tuntas alasan kenapa si lo harus milih zenius buat bantu belajar lo dan sekalian juga untuk mereview produk-produk zenius. nanti insyaallah gua bakal bahas mulai dari tampilannya, teknik pembelajarannya sampe kualitas konten atau penjelasan materi yg zenius.net berikan. Mungkin buat lo yang udah tau seluk beluk zenius bakal bilang “yah gua si udah tau bener soal zenius mah”
jadi buat lo yang udah pake zenius atau member zenius yg udah sepuh nyimak aja ya, kalo ga, skip juga gapapa asalalkan komen yak wkwk..

Okee.. sebeleumnya gua mau kasih gambaran umumnya buat lo yg baru tau atau baru kenal dengan zenius.
JADDI...(wedeh biasa aja kali yak haha) zenius.net ini adalah salah satu dari banyak E-Learning yang ada di indonesia, gua ga tau persisnya berapa pokoknya banyak aja ya, yang pernah gua kunjungin aja kira-kira udah lebih dari 5 web belum lagi yg ga gua tau. Apaan si E-Learning? Yaah pokoknya kaya lo les atau bimbel cuman bedanya lo ga harus dateng ke tempat bimbel, lo Cuma tinggal duduk manis depan laptop atau gadget lo. Dan biasanya teknik penyampaian materinya itu pake video termasuk zenius.net. Dan kebanyakan dari E-Learning yang ada itu berbayar , ada juga yang engga cuman yaaah kontennya juga secukupnya yah hehe. Dan zenius.net ini termasuk yang berbayar tapi sebagian kontennya bisa di akses scara gratis.

Tapi tenang di zenius.net ga begitu mahal kok harganya hehe... yah berbanding lurus lah sama ilmu yang lu dapet (buset udah kaya hukum fisika :D) malah menurut gua lebih berharga ilmu yang lo dapet dari pada duit yang lu keluarin.
Oke... udah siap yah? Kita masuk ke bagian inti dari coretan gua ini yaitu ALASAN KENAPA LO HARUS MILIH ZENIUS.net

“Alasan-alasan yang bakal gua paparin ini berdasarkan pandangan dan pengalaman gua selama pake zenius.net jadi wajar ya kalo ada yg ga akurat :D”

#1 Harganya Gak Mahal Coy

Sengaja nih gua taro poin ini dia awal karna emang kalo udah bahas soal uang itu biasanya sensitif hehe... Mungkin menurut sebagin dari lo gak ada masalah soal ini mau harganya selangit juga hajar aja. TAPI.. bagi sebagian besar orang termasuk gua  ini jadi maslah serius coy. Harga itu jadi pertimbangan utama menurut gua, sebagus apapun produk kalo harganya selangit ya gua ga bakal beli lah walaupun itu produk udah terjamin kualitasnya. Makanya orang-orang kaya gua ini biasanya pengennya yg bagus dan gak mahal (prinsip ekonomi bro wkwk) dan pas gua ketemua sama zenius pada pandangan pertama (wedeh lebay gua yak :D.) gua langsung tertarik dan gua pikir kok ada ya orang yang mau bikin video pembelajaran kaya gini "kata gua ni orang baik banget", video pertama gua liat sampe kelar (waktu itu kalo ga salah gua liat video matematika wajib materi apa gitu gua lupa) dan selesai gua nonton video pertama gua mau lanjut kevideo kedua DAN lu tau apa yg terjadi...???
 Gue harus beli voucher dulu buat nonto video berikutnya -_- (sedih banget gua waktu itu ) gua pikir gratis haha :D dan pas gua cek harganyaaa..... beehhh....
waktu itu menurut gua mahal banget segitu, tapi pas gua cek konten-kontennya dan gua dengerin perkataannya bang sabda disalah satu videonya kalo dizenius itu kita bakal dimatengin di KONSEP!! gua pikir emang sebanding sama harganya, dan emang GAK MAHAL !! untuk ukuran konten dizenius.
Sumber: https://zenius.net/voucher-purchase-online



 Kenapa gua bisa bilang ga mahal? Weh iyalah coba lo bandingin harganya sama tempat tempat bimbel diwilayah  lo, sekitar 3 sampe 5 jutaan malah ada yang lebih dari itu, sedangkan untuk beli Xpedia aja Cuma sekitar 700 rb -1 jutaan itu pun udah plus voucher 1 thn, plus kaos zenius, plus plus lah pokonamah.

“tempat bimbel sama zenius kan beda?”

gua pikir sih ga ada perbedaan yg begitu jauh, pada dasarnya sama-sama bantu kita buat nguasain materi, persiapan buat ujian-ujian kaya UN, SBMPTN dan segala macem. Cuman yg buat beda kalo lo bimbel lo langsung tatap muka sama tutor lo tapi kalo dizenius lo cuman liat coret-coretan sama denger suaranya. Dan yg kita cari juga kan penjelasannya bukan tutornya kece apa engga haha.. becanda ya :D
Jadi buat orang-orang kayak gua, yg mengharapkan kualitas bagus dengan harga murah, maka zenius itu pilihan tepat! :D

Terus kualitasnya emang terjamin? Weh jelas !! coba deh lo tonoton beberapa video di zenius yg free pasti lo langsung jatuh cinta. Gue sendiri pas pertama liat pembahasan di zenius gua pikir kenapa harus bimbel kalo gua bisa belajar dirumah sama zenius. Bisa sambil makan , sambil tiduran, sambil apa aja deh pokoknya Dan harganya GAK MAHALL hehe... Tapi bukan berarti gua nyaranin buat lo ga bimbel ya, ya kalo lo bisa dan mampu buat bimbel terus pake zenius wah itu mah udah lengkap banget..!!

Terus kalo lo nanya “kenapa lu ga bilang aja MURAH gitu?” weh ga bisa gitu, murah sama mahal itu relatif tegantung seberapa banyak lo punya duit. Artinya bisa aja menurut sebagian orang yang punya banyak duit itu bilang MURAH atau bisa aja ada yg bilang “yaah pas lah buat kantong gua” TAPI yang bisa gua pastiin disini adalah Zenius itu GAK MAHAL . kenapa? karna berdasarkan kualitas penjelasan dan dibandingkan dengan harga produk yg sejenisnya Zenius itu ga layak dibilang MAHAL!!

Dan INGET!!ilmu yang lo dapet lebih berharga dari pada duit yang lo keluarin. Uang 160rb kalo lo simpen doang gak ada gunanya tapi kalo lo pake buat beli sesuatu yg bermanfaat kaya voucher zenius ada kemungkinan duit 160 rb tadi bisa mengantarkan lo jadi presiden ... wasekkk ngeri ya kata-kata gua hehe..

Sumber: https://zenius.net/blog/11944/meme-zenius

Lo bisa cek harga lengkapnya dengan klik link dibawah
       
#2 Tampilan Web Simpel dan Gampang Kalo Nyari Materi

Waah ini juga jadi salah satu alesan gua nih. “kenapa?  Kayanya ga begitu ngaruh?”
Eitss!! Kata siapa gak ngaruh? Lo pernah ngunjungin web yg berat ?loading lama? Letak konten gak sistematis? Apa lagi kalo banyak iklan. Gimana rasanya ? kalo  gua sih udah jengkel tingkat Nasional. Apa lagi kalo koneksi lagi lelet behh.. langsung gua tutup laptopnya gua tinggal masak mie.. 

“lah emang zenius gimana?” 

Sebelum gua jelasin lo cek dulu aja deh sendiri nih klik www.zenius.net
Udah dicek? Simpelkan desainnya ? dan gak berat. Warnanya juga menurut gua cool ga banyak macem-macem. Web zenius juga suport buat tampilan di smartphone, jadi lo bisa belajar dimana aja pake smartphone lo hehe.  Dan yang gua seneng lagi adalah dizenius itu semua materi udah tersusun secara sistematis mulai dari tingkatan sekolahnya, kelasnya, urutan materi per babnya, sampe urutan konten dalam satu bab itu bener-bener disusun sedemikin rupa supaya lo gampang inget materi yg lo pelajari dan supaya lo mudah memahami konsepnya.

Misalanya kalo lo mau belajar persamaan kuadrat di video pertama itu lo bakal dikasih tau dulu apasih persamann kuadrat itu? Apa sih sebenerya yg dicari dan basic apa yg perlu lo kuasai dulu sebelum masuk ke persamaan kuadrat sampe latihan soal. Jadi bener-bener disusun sistematis supaya lo juga bisa gampang nyusun materi yg lo pelajari di otak lo.

Sumber : Zenius.net


Dan satu lagi nih yg gua suka. Lo ga bakal kehabisan kuota kalo nonton video dizenius, karna emang ga makan kuota banyak . gua juga awalnya ngira gua bakal boros kuota kalo belajar dizenius terus , eh tapi ternya setelah gua perhatiin pemakaian kuota gua itu cuman perlu kurang lebih 3-4 mb buat liat satu video yg berdurasi 4 menit tergantung durasi video.
4 mb coy? Streaming film aja di hajar yg ngabisin ratusan mb apa lagi buat belajar ? weeh lancar lah yah?
Oh ya gua lupa ngasih tau kalo selama gua pake zenius gua belum pernah ngalamin kalo server zenius lagi error atau semacamnya. Jadi lo jangan khawatir kalo webnya  bakal down hehe.

#3 konten lengkap kualitas jangan ditanya bro

Di Zenius education itu emang hampir semua materi ada dari mulai tingkat SD sampe SMA, kurikulum KTSP ataupun kurikulum 2013 semuanya ada. Dan disetiap pokok bahasan itu udah disusun rapi apa aja yg mesti lo kuasai dari mulai pengenalan materi sampe latihan soal dan pembahasannya. Dan latihan soalnya udah disusun secara bertingkat dari yg paling mudah sampe yg paling nyebelin hehe.

Dan gua mau kasih tau satu hal yg bikin gua suka banget sama zenius.net dan hal ini jarang banget lo dapet disekolah . Apa itu???
Cara ngajar mereka itu gak didasarkan bisa apa engga lo sama itu materi tapi yg ditekankan adalah lo ngerti apa engga sama KONSEP!! itu materi.

“Emang nya penting ya nguasain konsep ?” Beehh penting banget banget banget!!

Karna kalo kita belajar Cuma sekedar bisa dan tanpa ngerti konsepnya gua jamin sehari dua hari ilang tuh apa yg lo pelajari atau gak pada saat lo ketemu sama sesuatu yg padahal gampang, tapi lo kelabakan kenapa kok gini ? kenapa kok gitu ? kok ga sesuai sama yg gua pelajari? PADAHAL konteks yg lagi lo hadapi masih sama Cuma bentuknya aja yg beda, itu terjadi karna lo gak ngerti konsep materi yg lo pelajari. Gue juga sama , awalnya gua kalo belajar nih, kalo udah bisa yaudah gua udah pede, toh gua udah ngerti, 

TAPI !! pas gua dihadapkan sama soal yg aneh dikit aja behh pusing tujuh keliling gua, dan lo tau? Ketika gua liat pembahasannya, ternyata penyelesaian simpel men, ¼ kertas A4 juga gak penuh. Dan kalo lo belajar di zenius lo bakal banyak menemukan hal-hal baru  . Karena berdasarkan pengalaman gua, pertama kali gua pake zenius ternya banyak hal yg baru gua mahami padahal gua udah tau dan udah bisa sama itu materi sejak SMP. (btw gua sekarang udah kelas 12 dan gua kenal zenius sejak kelas 10 hehee

“Apaann maksudnya udah tau dan udah bisa tapi baru paham?

Misalnya gini , kalo gua tanya definisi dari lingkaran itu apa? Gue pas ditanya itu lamaaa gua mikir. Karna emang gua pikir “oh yaudah lingkaran tuh kaya gini bentuknya, kalo mau nyari keliling tuh kaya gini rumusnya, kalo mau nyari luas tuh gini rumusnya” nah itu tuh ternyata pemikiran yang bahaya buat pemahaman lo karna mengabaikan hal dasar yg lo harus ketahui dari lingkaran. Dan nantinya bakal menyulitkan diri lo sendiri pas lo ketemu materi yg sama tentang lingkarang tapi levelnya lebih dari itu. 
Dan kalo lo belajar konsep, lo GAK PERLU NGAFAL RUMUS!! (ada sih yg perlu dihafal dikit hehe)  “emang bisa?” bisa doong. Berdasarakan pengalaman guaa (edaan :D) kalo gua udah paham sama konsepnya gua bisa nebak-nebak,” wah pasti rumus nya kaya gini nih”, dan kalo gua lupa rumus gua bisa balik lagi ke konsep dan bikin rumus sendiri berdasarkan konsep.

Video ini nih yang bikin gua suka banget sama Zenius


Sumber video: https://youtu.be/UxIwPg5dKXY?list=PLOALRnUt6kAFeZtkGA2dQmN7oDOtIoYy2

Satu lagi nih yang gua suka dari konten zenius.net, di zenius ada zenius learning guide & TPA . Banyak hal menarik nih disini dan disini juga gua banyak mendapatkan sesuatu yg baru. Disini lo bakal di kasih tentag gimana cara belajar yg bener, self concept, time management,tips-tips, motivasi dan disini lo bakal dikasih tau gimana supaya kita bisa lebih cerdas dalam berfikir.

Oh iya gua lupa nih(perasaan ga kelar kelar yak?:D) dizenius juga ada zenius club yaitu tempat dimana lo bisa diskusi, dan tanya-tanya kalo ada PR yang susah. Jadi lo ga usah pusing kalo ada PR yg bener-bener lo ga bisa. Weh lengkap yah? Haha dan lo juga bisa baca-baca artikel menarik dizenius blog disana banyak tips dan trik yg berkaitan dengan tes-tes masuk perguruan tinggi kaya SBMPTN, UM dll.  dan biasanya suka ada lomba-lomba yg seru-seru dan hadiahnya juga seru :D

Kalo lo mau lebih detail tentang kualitas zenius lo bisa cek tastimoninya dengan klik link di bawah


#4 Payment system Gak ribet dan Gampang

Mungkin karna pengguna zenius itu rata-rata anak-anak SMA kebawah dan kebanyak kan belum punya rekening bank jadi zenius nyediain pembayaran lewat indomart dan alfamart juga selain via bank. Dan gua juga yakin pasti di daerah lo adakan indomart sama alfamart? :D . yaah pokoknya gak ribet lah kalo via alfamart atau indomart mah, anak SD juga gua yakin bisa hehe. Udah deh bagian ini segitu aja yak? Pokoknya gampang lah haha , gua mau masuk ke poin terakhir nih (udah capek ngetik soalnya :D)



#5 Tutornya kece-kece dan bersahabat

Okee.. haha poin terakhir ini tambahan aja nih, tapi walaupun begitu hal ini sangat mempengaruhi ternyata “emang iya?” iya, lo percaya gak ? kalo ada yg pake produk zenius itu karna pengen denger suara dari salah satu tutor zenius favorit dia wkwk . emang gua juga akuin kalo setiap tutor itu punya daya tarik sendiri haha.

 Sama halnya kaya disekolah aja, kalo kita diajar sama guru yang kece (edaan) dan gak ngebosenin pasti lain lagi ceritaya kalo diajar sama guru yg pas masuk kelas udah bikin suasa mencekam haha. Pasti suasana belajar juga jadi berbeda, lo bakal mudah nangkep materi pelajaran kalo lo dalam keadaan santai, sebaliknya kalo lo dalam keadaan tertekan atau ngerasa ga nyaman atau ngerasa bosen atau ngerasa NGANTUK (ini yg paling banyak nih :D ) gueyakin pas guru lo keluar lo bakal ngerasa seneng banget dan yg pasti lo ga dapet apa-apa selama 2 jam lo duduk :D . tapi beda kalo guru yg cara ngajarnya santai, asyik dan ga bikin ngantuk. Pasti lo bakal dapet tuh momen belajar yg bener-bener belajar dan pas guru lo keluar juga lo bakal bilang “yah padahal guabelum paham nih bagian ini”, “yah padahal gua pengen nanya ini nih”

Dan kabar baiknya zenius itu emang di buat sedemikian rupa supaya belajar lo itu santai. Para tutornya pake bahasa yang santai, gak terlalu formal yg bisa bikin lo seolah olah lagi rapat sama presiden :D . pokoknya santai deh kaya lo lagi belajar sama temen sendiri atau kakak sendiri. Dan jangan heran kalo lo banyak menemukan kata “Loe Gue” pas nonton video di zenius :D.

Terus... kalo gua perhatiin komentar-komentar atau testimoni orang-orang yg udah berhasil tembus SNMPTN, SBMPTN atau jalur lainnnya ternyata itu banyak diantara mereka bisa kaya gitu karna terinspirasi atau termotivasi sama salah satu tutor favorit mereka dizenius.
(bisa gitu ya? :D) itu artinya para tutor dizenius berpengaruh besar terhadapa motivasi belajar para pengguna zenius J
Dan ternyata rata-rata tutor favorit mereka itu tutor favorit gua juga :D siapakah diaa? Haha

Sumber: https://zenius.net/blog/11944/meme-zenius

Yah itu lah  dia, Sabda PS . buat lo yang udah lama pake zenius pasti udah gak aneh denger nama itu.. eh.. sorry maksudnya baca nama itu:D . buat lo yg belum tau gimana kak sabda itu orang nya gua kasih tau nih .

“kenapa kok dia bisa banyak fansnya? ” (Lo udah liatkan video diatas? itu yang ngomong kak sabda :D). Gua juga bungung gak tau kenapa kalo dengerin dia ngejelasin itu berasa dihipnotis, setiap kata-kata nya itu bener-bener meyakinkan dan bikin orang pengen tau. Pokoknya kalo dengerin dia jelasin itu pasti bikin lo anggluk-anggluk kepala, kalo gak geleng-geleng kepala, kalo gak muterin kepala( buset becanda ya yg ini mah :D) . Dan lo bakal banyak bilang “ooh gitu “, “ooh ternyata Cuma kaya gitu” atau yg sering gua ucapin itu “ gila ni orang cerdas banget!” . dan semenjak itu gua coba kepoin kak sabda, gua cek profilnya dan ternyataaa.....
Sumber:  akun google+ Sabda PS

Kak sabda adalah alumni ITB jurusan Informatikaaaa....?????? dan lo tau? Ini adalah jurusan yang gua idamkan sejak kelas 10. Sejak saat itu gua jadi tambah semangat DAN !! gue pikir “kalo gua mau masuk informatika ITB berarti gua harus lebihdari kak sabda atau seenggaknya setarasama kak sabda!!” (“wedeh ngegas aja”. maaf ya saking semangatnya haha :D) .
So.... itu lah kenapa para tutor itu pengaruh banget terhadapa semangat murid-murid dizenius.

Okeee... gua udah pegel dan ga nyangka ternyata gue udah ngetik 2600 karakter lebih(huh.. hah..huh..hah). jadi itu lah alesan-alesan kenapa lo harus pilih Zenius.net yang mana semua alasan itu berdasarkan alasan gua kenapa gua milih Zenius.net.

Tapi tunggu dulu ... tadi gua udah paparin tentang zenius tapi yang baik-baiknya doang.

“sesempurna itukah?”

Tidak ada satupun yg sempurna didunia ini men, pasti ada aja kekurangan . yaaa walaupun menurut gua gak terlalu penting juga sih, cuman alangkah baiknya kalo ditingkatkan (siapa tau ada tim zenius baca hihi)

#pertama, zenius belum punya aplikasi mobile, ini yg menurut gua kurang. Walaupun sebenernya web zenius itu udah support buat semua perangkat, tapi anak zaman sekarang kan ga mau ribet, pengennya yg instan-instan aja , sekali klik langsung masuk, gak mau buka browser dulu, ngetik alamat web dulu,dll. yaah sebenernya sepele cuman bakal lebih keren kalau ada aplikasi nya hehe.

#kedua, ada beberapa video zenius yang sound nya kuarang bagus, yaa sedikit suara kresek-kresek gitu, dan kadang suara dari luar itu kedengeran jadi ga fokus sama suara tutornya kaya suara bel sekolahlah apalah haha heran gue pas dengernya.

#ketiga, cs nya kadang agak lambat ngeresponnya, yaah gueasih positif thinking aja mungkin dia lagi sibuk atau apa, tapi tetep aja itu bisa jadi kesan gak bagus, dan lagi-lagi ini relatif mungkin aja bagi sebagian orang satu hari aja ga ada respon udah dibilang lambat termasuk juga gua karna gua oragnya gak sabaran hehe:D 

Okee.. dehh..cukup yah? Semoga bermanfaat buat yg baca , dan doa in gua ya bentar lagi gua mau menghadapi hal besar yg bakal jadi penentu masa depan gua, dan gua juga pasti doain lo , buat yg mau ikut SBMPTN  kita berjuang sama-sama buat menghadapai SBMPTN dan semoga kita diberikan yg terbaik oleh allah SWT.
Sip!!, Selamat belajar lagi !! and.. nantikan postingan gua berikutnya, insyaallah.

Wassalamualaikum warahmatullah

1 comment: Leave Your Comments

  1. berdasarkan review diatas, coba sesekali pakek Ruangguru kak, mungkin kekurangan yang disebutkan diatas bisa teratasi kalau pakek Ruangguru, soalnya kemarin juga gitu, dari zenius gak teratasi langsung coba pakek yang lain

    ReplyDelete