WHAT'S NEW?
Loading...

Al-Qur’an dan Sains: 7 Lapis Langit


          Sudah sekitar 20 abad sejak Al-qur’an diturunkan dan semua kebenarannya telah kita lihat pada zaman kita ini dimana kebenaran yang tidak bisa dibuktikan pada zaman Rasulullah dan salah satu kebenaran yang terbukti adalah mengenai lapisan langit bumi kita ini yang dalam hal ini yang dimaksud adalah atmosfer bumi.


Al-quran dan sains


          Di dalam al-qur’an dijelaskan bahwa:

هُوَ الَّذِي خَلَقَ لَكُمْ مَا فِي الأرْضِ جَمِيعًا ثُمَّ اسْتَوَى إِلَى السَّمَاءِ فَسَوَّاهُنَّ سَبْعَ سَمَاوَاتٍ وَهُوَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ

” Dia-Lah Allah, Yang Menjadikan Segala Yang Ada Di Bumi Untuk Kamu Dan Dia Berkehendak (Menciptakan) Langit, Lalu Dijadikan-Nya Tujuh Langit. Dan Dia Maha Mengetahui Segala Sesuatu.” (Qs Al-Baqarah/2:29)

            Dari ayat tersebut dijelaskan bahwa langit/atmosfir kita ini terdiri dari 7 lapis. Walaupun dalam ayat lain kata langit bisa diartikan sebagai ruang di luar bumi atau luar angkasa dan ada juga ayat yang menjelaskan kata langit yang bermakna atmosfir bumi. Namun dalam ayat ini kita bisa tadabburi bahwa kata langit disini adalah atmosfir bumi.
            Dan di abad yang serba canggih ini para ilmuan telah meneliti bahwa ternyata di langit bumi 
kita ini atau atmosfer terdapat gas yang mengisi ruang di atmosfer bumi.

Atmosfer
Lapisan Atmosfer

Dari semua gas penyusun atmosfer bumi tersebut para ilmuan telah menemukan bahwa terdapat berbedaan gas penyusun atmosfer di setiap ketinggian yang berberda. Penelitian pun terus dilakukan dan sampai sekarang telah diketahui bahwa ada 7 lapisan dalam atmosfer bumi. Berikut adalah 7 lapisan penyusun atmosfer bumi:


1. Troposfer, lapisan terendah bumi yang membentuk sekitar 90% dari keseluruhan berat atmosfer dan dilapisan ini pula terdapat banyak oksigen untuk kelangsungan kehidapan di bumi.
2. Stratosfer, lapisan diatas tropospher.
3. Ozonosfer, lapisan yang mengembalikan sebagian besar sinar Ultraviolet dan radiasi bahaya lainnya. Dilapisan ini terdapat gas O3
4. Mesosfer, lapisan diatas Ozonospher.
5. Termosfer, lapisan diatas Mesosfer.
6. Ionosfer, lapisan dimana gas-gas terionisasi membentuk lapisan ini.
7. Eksosfer, bagian terluar dari Atmosfer yang membentang dari sekitar 480 Km sampai 960 Km.

            Itulah salah satu dari sekian banyak bukti dari kebenaran al-quran. Semoga dengan bertambahnya ilmu kita bertambah pula keimanan kita.


2 comments: Leave Your Comments

  1. Adakah tuan menafsirkan 7 lapisan langit yg disebut dlm alquran sebagai apa yg than sybut sbg 7 lapisan atmospe dgn jarak km yg diberi?..... Sang at tidak tepat sama sekali.... Langit adalah
    7 lapisan tempat ghaib yg tidak mampu di tembusi oleh kajian manusia kecuali oleh para rasul melalui mukjizat (eg.. Israk mikraj rasulullah).... Dlm hadis menjelaskan jarak dari bumi ke lapisan bawah langit pertama = 500,000 tahun perjalanan, manakala tebal lapisan langit pertama = 500,000 tahun perjalanan..... Begitu juga jarak dri langit pertama ke langit kedua=500,000 tahun perjalanan & tebal lapisan langit ke 2 = 500,000 tahun perjalanan... .begitulah seterusnya sehingga langit ke 7 (org Arab mengenali perjalanan dgn perjalanan unta) (eg.. Perjalanan musafir dgn unta dari mekah ke madinah @ 3hari.... Jaraj mekah ke madinah @ 424km)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju.. takkan bumi dengan langit pertama 16km shj

      Delete