WHAT'S NEW?
Loading...

Al-Qur’an dan Sains: Dua Air Laut yang Tak Bercampur



Satu-satu demi satu bukti kebenaran mulai terungkap di abad 20 ini. Dengan adanya teknologi modern dan ilmu sains yang sudah sangat maju hal ini ternyata menuai banyak kekaguman. Bagaimana tidak observasi dan penelitian yang sudah dilakukan manusia selama bertahun tahun ternyata hal itu sudah allah jelaskan 1400 tahun yang lalu. Sekarang kita akan bahas bagaimana Dua Air Laut Tidak  Bercampur Satu Sama Lain.


          Dalam surat Ar-rahman ayat 19-20 allah berfirman “Dia membiarkan dua lautan mengalir yang keduanya kemudian bertemu. Antara keduanya ada batas yang tidak dilampaui masing-masing.” 

Sekilas jika kita hanya memahami ayat diatas berdasarkan intuisi tentu kita akan menganggap hal ini tidak mungkin. Bagaimana bisa air laut bisa tidak bercampur seperti ada batas diantara air laut itu. namun sebagai umat muslim tentu kita wajib mengimani dengan keyakinan dan tanpa keraguan. Dan memang pada faktanya hal ini benar-benar ada di dunia ini.

          Di selat Gibraltar yaitu selat yang memisahkan benua afrika dan eropa tepatnya antara negara Maroco dan Sepanyol. Di sekitar ini terdapat aliran air laut yang tidak bercampur satu sama lainnya, yaitu arus air lau dari laut tengah dan laut yang ada di samudra Atlantik seperti ada dinding halus yang memisahkannya.

BAGAIMANA BISA AIR LAUT TIDAK BERCAMPUR?

Tentu saja hal ini bukan suatu sihir atau sesuatu gaib, hal ini bisa dibuktikan dengan sains. Berikut fakta-fakta kenapa air laut di selat ini tidak bercampur.

-         Selat ini memisahkan dua daerah kelautan yaitu laut tengah dan laut dari samudra atlantik
-         Masa jenis, kadar garam, suhu dan kerapatan ait antara kedua lautan ini berbeda. Yaitu lebih tinggi laut tengah dibanding laut yang ada di samudra atlantik.
Dalam sains air yang kerapatannya lebih tinggi akan mengalir menuju air yang kerapatannya lebih rendah. Pada peristiwa ini air dari laut tengah memiliki kerapatannya yang lebih tinggi dibanding air yang ada di laut atlantik sehingga air mengalir dari laut tengah ke laut atlantik melalui selat Gibraltar.

sumber: www.imgrum.org


LALU KENAPA AIRNYA TIDAK BERCAMPUR?

Hal ini karena dalam sains modern jika larutan yang memiliki sifat berbeda kemudian dipertemukan maka masing-masing larutan akan mempertahankan sifatnya hal ini yang menyebabkan kenapa kedua air lait di selat Gibraltar ini tidak bercampur. Lalu kemana perginya arus air dari laut tengah? Ternyata air yang mengalir dari laut tengah ini menyusup kedalam laut atlantik sampai kedalaman 1000 meter dan akan terus mengalir kedalam laut atlantik dengan tetap mempertahankan sifat awal dan tidak bercampur dengan air laut yang ada di samudra Atlantik, allahu akbar.





Subhanallah allah pencipta alam semesta tidak ada kejadian di dunia ini melainkan atas seizin allah swt. wallahu a’lam bishawab. demikian penjelasan singkat  Kebenaran A-qur'an Tentang Dua Air Laut yang Tidak Bercampur semoga bermanfaat :D.

0 comments:

Post a Comment