WHAT'S NEW?
Loading...

4 PERSEPSI YANG SALAH TERHADAP ISLAM

            Manusia memang berhak untuk berpendapat, mempersepsikan suatu hal dan lain sebagainya. Namun kita sebagai makhluk yang serba keterbatasan pengetahuan kadang memandang suatu hanya berdasarkan intuisi bukan berdasarkan fakta dan bukti yang nyata. Dan satu hal yang banyak orang salah mempersepsikannya adalah tentang islam. Dan berikut saya sampai beberapa Persepsi Yang Salah Tentang Islam yang semoga menambah pengetahuan dan wawasan anda.
sumber: islamalternatif.com

1.     Islam adalah agama Teroris? NO!, islam itu Rahmatan Lil’alamin

Saya yakin anda sudah tidak asing lagi dengan hal ini, banyak orang ketika mendengar ada kasus teroris pasti langsung muncul dibenak anda kata ISLAM. Memang tidak bisa kita pungkiri, sekuat apapun kita melawan pemikiran itu pasti pikiran kita akan langsung mengarah kepada islam karena memang perspektif masyarakat sudah terbentuk dan susah untuk dihilangkan. Salah satu cara yang bisa menghilangkan perspektif itu di masyarakat adalah dengan ilmu pengetahuan, kita bisa memberikan pemahaman kepada anak cucu kita pandanga yang benar mengenai hal ini sehingga stigma negatif ini bisa hilang di masa mendatang.
Karena memang faktanya bukan islam lah yang salah. Logikanya
kalo sebuah mobil menabrak orang yang tidak bersalah dipinggir jalan. Maka yang salah pengemudi atau mobilnya? Jelas pengemudinya.

Begitu juga dengan islam, islam tidak pernah pernah memerintahnya menganutnya untuk membunuh orang. Ketika ada penganut islam yang melakukan aksi bom bunuh diri dan menyebabkan kerusakan dan beberapa orang meninggal maka yang salah bukanlah agamanya tapi kembali lagi kemasing-masing individu.
Dan kita bisa cari di alquran tidak ada satupun ayat yang memerintahnya untuk membunuh orang atau melakukan kerusakan. Justru islam tidak menyukai kerusakan
Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik. QS. Al-'A`raf [7] : 74
2.      Islam Disebarkan dengan peperangan ? Tidak, penyebab peperangan bukanlah karena misi penyebaran islam

Dalam islam tidak ada paksaan untuk memeluk ajaran islam.
Sebagai mana yang telah dijelaskan dalam QS. Al-Baqarah ayat 256 bahwasanya “Tidak ada paksaan dalam agama.” Dari ini kita bisa menyimpulkan bahwa Rasulullah menyebarkan islam tidak dengan cara memaksa orang lain untuk ikut dalam ajaran islam apalagi dengan jalan berperang dengan tujuan untuk memaksa lawan perangnya untuk memeluk islam.

Adapun adanya peperangan pada masa Rasulullah memiliki konteks yang berbeda dengan penyebaran islam. Contohnya pada perang melawan bangsa Quraisy it dipicu karena adanya provokasi oleh orang-orang Quraisy terhadap umat islam bahkan sebelum Rasulullah Hijrah ke madinah orang-orang Quraisy telah menunjukan permusuhan mereka.

3.      Penduduk Islam Terbesar terletak di negara-negara timur tegah? Salah, yang benar adalah INDONESIA.

Hal ini mungkin sudah banyak diketahui oleh banyak orang, tapi nyatanya mash banyak orang yang mengira bahwa penduduk terbesar islam adalah Saudi Arabia  atau negara-negara di Timur tengah karena berlandaskan bahwa islam berasal dari Arab.
Namun berdasarkan fakta dan data yang diperoleh Indonesia menempati urutan pertama dengan jumlah penduduk islam terbesar dunia dengan kontribusi sebesar 12,7 persen dari total muslim dunia. Dengan sebaran penduduk pada tahun 2010 penganut islam di indonesia berkisar 205.000.000 jiwa atau 88,1 persen dari total jumlah penduduk indonesia.

4.       Semua penduduk di Arab beragama islam? Tidak juga

Ternyata masih banyak orang yang berpikir dan berpendapat bahwa semua orang di dunia Arab itu muslim. Padahal pada faktanya 5-6 persen dari total penduduk di negara-negara arab adalah orang Kristen. Ya walaupun negara-negara arab adalah basisnya orang islam tapi kita tida bisa menyangkal bahwa masih ada orang non muslim yang tinggal di daerah arab bahkan sebagian dari mereka menganggap ras mereka adalah penduduk asli negara tersebut, seperti kristen koptik di mesir yang merupakan keturunan dari dinasti Firaun yang telah ada sebelum islam muncul itu sebabnya kenapa masih ada agama-agama lain selain islam di negara-negara arab mereka yang masih berusaha mempertahankan agama nenek moyangnya. 

0 comments:

Post a Comment